PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DALAM PELAYANAN KEPEMILIKAN RUMAH TERHADAP KONSUMEN PADA PT. JALA MITRA INTERNUSA



BAB I 
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Pemilihan Judul
Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta perbaikan lingkungan, pemerintah berusaha mewujudkan dengan mengadakan fasilitas Kredit Pemilikan Perumahan (KPR). PT. Jala  Mitra Internusa sebagai salah satu developer yang ditunjuk oleh pemerintah dalam  hal ini melalui Bank Tabungan Negara (BTN) Sumatera Barat untuk mengelola pembangunan rumah bagi masyarakat.

 Pertumbuhan yang pesat pada sektor perumahan membutuhkan suatu pengelolahan terhadap data konsumen secara cepat dan akurat dengan mengunakan sember daya yang ada seoptimal mungkin dan menambah pelayanan yang ada seperti untuk mengetahui  jumlah angsuran uang muka dan data-data konsumen,  dengan adanya kegiatan ini maka pelayanan yang diberikan kepada konsumen dapat lebih meningkat .
Pengolahan data terhadap konsumen dititik beratkan pada  pengolahan data pendaftaran, data pembayaran uang muka konsumen dan data kepemilikan rumah yang merupakan data yang sangat penting bagi perusahaan. Berdasarkan hal ini maka penulis mencoba mendesain suatu sistem yang baru dengan judul  “ PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DALAM PELAYANAN KEPEMILIKAN RUMAH TERHADAP KONSUMEN PADA PT.  JALA MITRA INTERNUSA “.

1.2  Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul dan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan pada saat ini, maka penulis akan mencoba mendisain sistem yang baru dengan berusaha menciptakan serta mengembangkan sistem yang ada  secara komputerisasi. Permasalahan yang terjadi berhubungan dengan pengendalian permasalahan dan penjualan yang menyebabkan adanya gangguan terhadap penjualan sehinga mengurangi tingkat efisiensi dan efektifitas perusahaan. Kelemahan-kelemahan yang ditemukan pada  sistem kerja yang sedang  berjalan adalah:
-          Proses pemasaran dan pembuatan laporan penjualan rumah dan kepemilikan rumah serta laporan data konsumen masih dilakukan secara manual.
-           Adanya keluhan dari  konsumen yang merasa kurang puas atas pelayanan kepemilikan yang diberikan oleh  perusahaan.
-          Adanya faktor-faktor manusia seperti kekhilafan dalam pengolahan data konsumen sehingga perlu  dilakukan pembuatan laporan kembali.
-          Laporan data kepemilikan rumah dan laporan data konsumen yang dihasilkan sering terlambat diberikan kepada pimpinan.

1.3  Hipotesa
Adanya perbedaan yang  nyata antara sistem yang sedang berjalan dengan sistem yang akan dirancang adalah dalam pemrosesan dan penyajian laporan. Dengan adanya pengolahan data kempemilikan rumah maka pelayanan terhadap konsumen dapat ditingkatkan mulai dari pendaftaran sampai pada saat rumah tersebut sah dimilki oleh konsumen.
Pekerjaan yang dilakukan oleh pengguna dalam pengolahan data kepemilikan pada sistem yang akan dirancang lebih mudah.

1.4  Tujuan Penelitian
Adanya tujuan untuk melaksanakan penelitian pada PT. Jala Mitra Internusa adalah sebagai berikut:
-          Melakukan komputerisasi pada perusahaan dalam memudahkan pelayanan pemasaran dan pelayanan kepemilikan rumah terhadap konsumen PT. Jala Mitra Internusa.
-          Merancang sistem dengan menerapkan aplikasi dalam pengolahan data pelayanan pemasaran dan kepemilikan rumah perumahan.
-          Untuk memberikan suatu gambaran kepada perusahaan tentang keuntungan menggunakan sistem komputer dalam pengolahan data.
-          Untuk membuktikan dan mempraktekkan teori yang didapat di bangku kuliah.

1.5  Ruang Lingkup Penelitian
Penulisan ini lebih terarah dan sesuai permasalahan yang sedang dihadapi serta sesuai pula dengan tujuan penulisan, maka batasan permasalahan yang dimaksud adalah khusus pada proses sistem informasi pengolahan data pemasaran perumahan  untuk  pelayanan terhadap konsumen pada PT. Jala Mitra Internusa dalam pelayanan pendaftaran konsumen, pengolahan data pembayaran uang muka rumah bagi pegawai swasta yang berpenghasilan tetap.
1.6  Metodologi Penelitian
Untuk penulisan laporan studi akhir ini  dalam pelaksanaan pembahasannya  digunakan metoda penelitian :
-          Study Kepustakaan (Library Research) yaitu perolehan data melalui buku-buku, literatur dan bentuk laporan lainnya yang dianggap relavan.
-          Studi Lapangan (Filed Research) yaitu pengumpulan data dengan melakukan pengamatan dan penelitian langsung pada PT. Jala Mitra Internusa melalui wawancara langsung dengan pimpinan  dan karyawan perusahaan perumahan.
-          Penelitian Laboratorium (Laboratory Research) yaitu melakukan perancangan, analis dan  pembuatan program pengolahan data degan mengunakan bahasa pemrograman Pascal.  
Adapun alat bantu yang dipakai dalam penelitian ini adalah :
Hardware :
-          Komputer Intel Pentium 233 MMX
-          Memory 32 MB
-          Printer Canon BJC 1000-SP
-          Monitor SVGA

-          Disket berkapasitas 1,44 MB dengan ukuran 3.5 inchi

-          Hardisk berkapasitas 4,3 Gb


Software :
-          Sistem Operasi Windows 98
-          Software Microsoft Office 97
-          Sistem Turbo Pascal Ver 7.0

No comments:

Post a Comment

VIRUS

Do not open any attachment received from the unknown or untrusted sender Do not plug in any external USB drive into the company ...