BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam dunia perbankan sekarang nasabah adalah merupakan raja, atas
dasar tersebut pihak perbankan akan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan
terbaik terhadap nasabah. Perbaikan layanan kepada nasabah selama ini masih
terdapat kelemahan. Perbaikan pelayanan yang dilakukan adalah nasabah akan
mudah untuk melakukan transaksi – transaksi perbankan dengan internet.
Bank Syariah Mandiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa
keuangan berbasis syariah, perusahaan tersebut mengelola penyimpanan uang,
peminjaman uang untuk usaha dan fungsi lainnya. Bank Syariah Mandiri Cabang
Padangsidimpuan adalah merupakan salah satu cabang dari Bank Syariah Mandiri.
Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan salah Bank yang ada di Kota
Padangsidimpuan berbasis syariah. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan
memberikan pelayanan
Untuk itu penulis membahas
beberapa permasalahan yang terjadi di Bank Syariah Mandiri Cabang
Padangsidimpuan tentang bagaimana sistem pelayanan nasabah agar menjadi lebih
efesien, efektif dan terkomputerisasi, serta lebih terjamin keamanannya. Penulis
juga akan menggunakan atau menerapkan perencanaan sistem informasi pelanyanan
nasabah untuk menangani serta mengawasi pelaksanaan transaksi nasabah tersebut,
sampai ke proses laporan nasabah kepada pihak manager. Dalam hal ini penggunaan
perancangan sistem informasi tersebut akan digunakan ke dalam program
komputerisasi, karena sangat menentukan proses yang akan diambil demi perbaikan
pelayanan nasabah Bank tersebut, serta memberikan peningkatan mutu dan
pendapatan Bank tersebut.
Sehubungan dengan pentingnya hal
tersebut di atas dan mengingat Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan masih belum maksimal
melakukan pelayanan nasabah, maka hal inilah yang menjadi alasan penulis
mengajukan judul tugas akhir yaitu SISTEM INFORMASI PELAYANAN NASABAH DI BANK
SYARIAH MANDIRI CABANG PADANGSIDIMPUAN
1.2 Maksud dan Tujuan
Penulisan
1.2.1
Maksud Penulisan
Adapun maksud dari penulisan tugas akhir ini
adalah untuk menerapkan Ilmu Pengetahuan yang telah di dapatkan penulis selama
belajar di AMIK INTeL Com G LOBAL
INDO agar lebih bermanfaat bagi yang membutuhkan.
1.2.2 Tujuan Penulisan
Adapun
tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini yaitu:
1)
Untuk memenuhi persyaratan dalam
menyelesaikan Pendidikan Program D-3 di AMIK INTeL Com GLOBAL INDO.
2)
Untuk mengetahui dan memahami
secara langsung metode pelayanan untuk nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang
Padangsidimpuan.
3)
Diharapkan kepada Bank Syariah
Mandiri Cabang Padangsidimpuan agar terus berinovasi untuk memberikan pelayanan
terbaik kepada nasabah.
1.3 Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan dibahas
adalah:
1)
Bagaimana sistem informasi pelayanan
nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan ?
2)
Bagaimana hasil yang akan dicapai dari
sistem informasi pelayanan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang
Padangsidimpuan ?
1.4 Batasan Masalah
Agar pembahasan tidak menyimpang dari pokok masalah, maka dibuat
batasan masalah untuk menghindarinya. Adapun batasan-batasan yang dibuat adalah
hanya difokuskan pada Data Nasabah, Pembukaan Rekening, Transfer, Setor Bank
Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan.
1.5 Metodelogi Penelitian
Untuk memperoleh data yang akurat
dalam penulisan Tugas Akhir ini, maka penulis menggunakan beberapa
teknik-teknik sebagai sarana untuk memudahkan penulis dalam penyusunan Tugas
Akhir ini. Adapun teknik-teknik yang dugunakan adalah sebagai berikut :
1)
Metode Wawancara
Wawancara langsung dengan pimpinan atau karyawan yang bertanggung jawab
atas Informasi yang dibutuhkan serta
mengumpulkan data dengan cara
mengajukan pertanyaan langsung.
2)
Metode Observasi
Survei lapangan yang berupa pengamatan langsung terhadap pelaksanaan
kegiatan pelayanan nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan.
3)
Metode Penelitian Kepustakaan
Mengumpulankan serta mempelajari berbagai buku pedoman yang berkaitan
dengan sistem pelayanan nasabah maupun catatan perkuliahan yang berhubungan
dengan sistem informasi manajemen perbankan mengenai pelayanan nasabah dan program yang digunakan penulis dalam
penyusunan judul Tugas Akhir ini.
I.6 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan tugas akhir ini terdiri dari lima ( 5 )
bab, yang direncanakan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab pendahuluan ini akan menguraikan mengenai latar
belakang masalah, perumusan masalah, maksud dan tujuan penulisan, batasan
masalah, metode penelitian, sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN
TEORI
Pada bab landasan teori ini akan menguraikan mengenai sejarah
singkat perusahaan, struktur organisasi, visi dan misi, uraian tugas-tugas, sistem,
model sistem, DFD, PHP, MySQL,tipe-tipe data.
BAB III PERANCANGAN
SISTEM
Pada bab analisa dan perancangan ini akan menguraikan
mengenai deskripsi sistem yang berjalan, perancangan input/formulir,
perancangan menu, perancangan database, perancangan report/laporan, DFD,ERD.
BAB IV IMPLEMENTASI
Pada bab implementasi ini akan menguraikan mengenai tentang
menu program, data, manajemen, pengadaan, laporan, exit.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab kesimpulan dan saran ini akan menguraikan mengenai
kesimpulan dari seluruh proses pembuatan sistem dan untuk penyempurnaan dari
tugas akhir ini, penulis akan memberikan beberapa saran yang membangun.
No comments:
Post a Comment