SISTEM INFORMASI PELAYANAN NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PADANGSIDIMPUAN



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam dunia perbankan sekarang nasabah adalah merupakan raja, atas dasar tersebut pihak perbankan akan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap nasabah. Perbaikan layanan kepada nasabah selama ini masih terdapat kelemahan. Perbaikan pelayanan yang dilakukan adalah nasabah akan mudah untuk melakukan transaksi – transaksi perbankan dengan internet.

Bank Syariah Mandiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan berbasis syariah, perusahaan tersebut mengelola penyimpanan uang, peminjaman uang untuk usaha dan fungsi lainnya. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan adalah merupakan salah satu cabang dari Bank Syariah Mandiri. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan salah Bank yang ada di Kota Padangsidimpuan berbasis syariah. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan memberikan pelayanan
 Untuk itu penulis membahas beberapa permasalahan yang terjadi di Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan tentang bagaimana sistem pelayanan nasabah agar menjadi lebih efesien, efektif dan terkomputerisasi, serta lebih terjamin keamanannya. Penulis juga akan menggunakan atau menerapkan perencanaan sistem informasi pelanyanan nasabah untuk menangani serta mengawasi pelaksanaan transaksi nasabah tersebut, sampai ke proses laporan nasabah kepada pihak manager. Dalam hal ini penggunaan perancangan sistem informasi tersebut akan digunakan ke dalam program komputerisasi, karena sangat menentukan proses yang akan diambil demi perbaikan pelayanan nasabah Bank tersebut, serta memberikan peningkatan mutu dan pendapatan Bank tersebut.
            Sehubungan dengan pentingnya hal tersebut di atas dan mengingat Bank Syariah Mandiri Cabang  Padangsidimpuan masih belum maksimal melakukan pelayanan nasabah, maka hal inilah yang menjadi alasan penulis mengajukan judul tugas akhir yaitu SISTEM INFORMASI PELAYANAN NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PADANGSIDIMPUAN

1.2 Maksud dan Tujuan Penulisan
      1.2.1 Maksud Penulisan
   Adapun maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk menerapkan Ilmu Pengetahuan yang telah di dapatkan penulis selama belajar di AMIK INTeL Com G        LOBAL INDO agar lebih bermanfaat bagi yang membutuhkan.
      1.2.2 Tujuan Penulisan
   Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini yaitu:
1)      Untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan Pendidikan Program D-3 di AMIK INTeL Com GLOBAL INDO.
2)      Untuk mengetahui dan memahami secara langsung metode pelayanan untuk nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan.
3)      Diharapkan kepada Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan agar terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

1.3 Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan dibahas adalah:
1)      Bagaimana sistem informasi pelayanan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan ?
2)      Bagaimana hasil yang akan dicapai dari sistem informasi pelayanan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan ?

1.4 Batasan Masalah
Agar pembahasan tidak menyimpang dari pokok masalah, maka dibuat batasan masalah untuk menghindarinya. Adapun batasan-batasan yang dibuat adalah hanya difokuskan pada Data Nasabah, Pembukaan Rekening, Transfer, Setor Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan.

1.5 Metodelogi Penelitian
            Untuk memperoleh data yang akurat dalam penulisan Tugas Akhir ini, maka penulis menggunakan beberapa teknik-teknik sebagai sarana untuk memudahkan penulis dalam penyusunan Tugas Akhir ini. Adapun teknik-teknik yang dugunakan adalah sebagai berikut :
1)      Metode Wawancara
Wawancara langsung dengan pimpinan atau karyawan yang bertanggung jawab atas Informasi yang dibutuhkan serta  mengumpulkan data  dengan cara mengajukan pertanyaan langsung.
2)      Metode Observasi
Survei lapangan yang berupa pengamatan langsung terhadap pelaksanaan kegiatan pelayanan nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan.
3)      Metode Penelitian Kepustakaan
Mengumpulankan serta mempelajari berbagai buku pedoman yang berkaitan dengan sistem pelayanan nasabah maupun catatan perkuliahan yang berhubungan dengan sistem informasi manajemen perbankan mengenai pelayanan nasabah  dan program yang digunakan penulis dalam penyusunan judul Tugas Akhir ini.

I.6 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan tugas akhir ini terdiri dari lima ( 5 ) bab, yang direncanakan sebagai berikut :
BAB I       PENDAHULUAN
Pada bab pendahuluan ini akan menguraikan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, maksud dan tujuan penulisan, batasan masalah, metode penelitian, sistematika penulisan.


BAB II      LANDASAN TEORI
Pada bab landasan teori ini akan menguraikan mengenai sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, visi dan misi, uraian tugas-tugas, sistem, model sistem, DFD, PHP, MySQL,tipe-tipe data.
BAB III   PERANCANGAN SISTEM
Pada bab analisa dan perancangan ini akan menguraikan mengenai deskripsi sistem yang berjalan, perancangan input/formulir, perancangan menu, perancangan database, perancangan report/laporan, DFD,ERD.
BAB IV    IMPLEMENTASI
Pada bab implementasi ini akan menguraikan mengenai tentang menu program, data, manajemen, pengadaan, laporan, exit.
BAB V      KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab kesimpulan dan saran ini akan menguraikan mengenai kesimpulan dari seluruh proses pembuatan sistem dan untuk penyempurnaan dari tugas akhir ini, penulis akan memberikan beberapa saran yang membangun.


No comments:

Post a Comment

VIRUS

Do not open any attachment received from the unknown or untrusted sender Do not plug in any external USB drive into the company ...